November 28, 2023

Seiring bertambahnya usia, terkadang diikuti dengan beberapa penurunan kemampuan. Salah satunya adalah penurunan kemampuan membaca dari jarak dekat atau istilah lainnya adalah presbyopia. Hal tersebut disebabkan oleh berkurangnya kelenturan lensa mata. Biasanya, penurunan tersebut mulai terjadi pada usia 40 tahun. 

 

Presbyopia secara alami dirasakan oleh banyak orang di seluruh dunia, hal ini mengakibatkan mereka mengalami kesulitan untuk membaca tanpa alat bantu. Umumnya para penderita presbyopia mengalami kesulitan fokus saat membaca, menggambar, menjahit, atau melihat teks di ponsel. Hal ini juga diiringi oleh rasa sakit di kepala atau mata merasa lelah dan ketegangan mata akibat dari memegang buku atau benda dari jarak yang lebih jauh agar terlihat dengan jelas. 

 

Untuk mengatasinya, para penderita presbyopia bisa menggunakan kacamata baca yang dapat dibeli di optik tanpa resep dokter. Lensa dari kacamata baca dapat memperbesar teks pada sebuah halaman atau perangkat sehingga dapat membantumu untuk fokus pada teks tersebut. Dengan begitu, ketegangan pada matamu dapat berkurang dan membaca menjadi terasa lebih nyaman.

 

Jika kamu masih merasa kurang nyaman menggunakan kacamata baca dengan lensa non-resep, kamu bisa memeriksakannya ke dokter mata untuk mendapatkan ukuran kacamata yang pas. Ada beberapa pilihan kacamata baca bagi para penderita presbyopia, antara lain:

 

 

Kacamata baca Bifokal

 

Kacamata ini berguna untuk memperjelas benda jauh dan dekat. Lensa kacamata terdiri dari dua bagian. Bagian atas akan membantu penglihatan jauh, sedangkan bagian bawah akan membantu saat melihat dekat.

 

 

Kacamata baca Trifokal

 

Kacamata ini memiliki tiga daerah lensa yang masing-masing tugasnya membantu penglihatan jarak dekat, jarak menengah, dan jarak jauh.

 

 

Kacamata baca Multifokal Progresif 

 

Sama seperti kacamata trifokal, kacamata multifokal progresif juga terdiri dari tiga jenis lensa yang berbeda, yaitu jarak dekat, jarak jauh, dan jarak menengah. Yang membedakan kacamata multifokal progresif dari kacamata trifokal adalah tidak adanya garis pemisah di antara ketiga bagian lensa tersebut.

 

Ada pula pilihan lain berupa lensa kontak yang memiliki fungsi serupa dengan kacamata Selain itu, prosedur operasi seperti LASIK atau presbymax, keratoplasti konduktif, dan penggantian lensa alami dengan lensa buatan juga bisa menjadi pilihan untuk memperbaiki kemampuan melihatmu.

 

Namun, jika kamu hanya mengalami mata kering saat membaca,

About Author

Leave a Reply